Akibat Haid Tidak Teratur

Akibat Haid Tidak Teratursiklus haid yang tidak teratur pada setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 hari hingga 35 hari setiap kalinya pada periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi ibu lebih cenderung sehat dan tidak bermasalah.

Akibat Haid Tidak Teratur

Akibat Haid Tidak Teratur

Sistem hormonalnya yang baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus di produksi dan siklus akibat haid tidak teratur. Intinya secara kasat mata ibu diyakini dalam kondisi yang sehat. Sehingga dengan siklus yang normal itu wanita akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menghitung masa subur, dan lainnya. Pada kenyataannya, tidak semua perempuan akan memiliki siklus haid yang normal. banyak diantara mereka yang siklus akibat haid tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari. Namun, kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal.

Gejala yang menjadi Akibat Haid tidak Teratur

  • Haid Datang Lebih Awal

Kamu patut mewaspadai jika haid datang lebih awal dibanding biasanya. Hal ini menggambarkan adanya kelainan atau penyakit, antara lain perkembangan kanker atau gangguan kelenjar endokrin.

Selain itu, menstruasi yang selalu datang lebih awal juga dapat mengakibatkan anemia, keguguran, dan juga mempengaruhi kehamilan.

  • Haid Terlambat

Datang terlalu awal tidak baik, demikian pula jika haid datang terlambat. Haid dapat dikatakan datang terlalu awal maupun terlambat jika kurang atau melebihi 7 hari sebelum dan sesudah haid sebelumnya.

Oleh karena itu, jika haid anda datang terlambat 7 hari setelah haid sebelumnya, kamu patut waspada. Terdapat dua kemungkinan penyebab hair datang terlambat; kehamilan dan haid yang tidak teratur. Apabila sering terjadi (lebih dari 3 kali), maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan agar dapat ditangani secepatnya.

  • Warna Darah Haid Abnormal

Haid yang normal darahnya berwarna merah gelap disertai bercak warna merah. Bercak tersebut merupakan lendir serviks. Oleh karena itu, jika darah haidmu berwarna merah jernih mendekati tekstur air, berwarna merah muda, hitam, atau ungu, maka hal tersebut menandakan warna darah haid yang tidak normal. Jika seluruh darah hair berupa gumpalan darah, maka itu juga tidak normal.

Menstruasi yang melebihi 7 hari dapat dikategorikan sebagai menstruasi yang tidak normal. Menstruasi yang terlalu lama dapat menyebabkan wanita kehilangan banyak darah sehingga mempengaruhi kesuburan.

  • Amenorrhea

Amenorrhea merupakan suatu keadaan atau kondisi dimana pada seorang wanita tidak mengalami menstruasi pada masa menstruasi sebagaimana mestinya atau secara sederhana disebut dengan tidak haid pada suatu periode atau masa menstruasi.

Setiap orang atau anda dapat mengalami apa yang disebut dengan amenorrhea baik itu amenorrhea primer ataupun amenorrhea sekunder. Dikatakan amenorrhea primer adalah pada saat anda belum pernah mengalami menstruasi dan anda berusia 16 tahun atau lebih.

 Faktor Penyebab Akibat Haid tidak teratur

Sebelum memahami dari berbagai faktor penyebab akibat haid tidak teratur sebaiknya lebih dahulu kita memahami bagaimana siklus menstruasi dikatakan tidak normal. lama perdarahan datang bukan sangat bervariasi yaitu mulai dari 2 hingga 7 hari dengan interval antara jadwal atau waktu antara periode haid pertama dengan haid berikutnya adalah sekitar 28 hari. Pada umumnya wanita akan kehilangan darah sekitar 60 hingga 100 ml. Bila terjadi hal yang menyimpang dari uraian diatas tersebut, dapat dikatakan bahwa siklus menstruasi akan mengalami gangguan.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab akibat haid tidak teratur, diantaranya :

  • Berat badan

Faktor penyebab dari akibat haid tidak teratur berikutnya adalah kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan. Kenaikan berat badan bisa merupakan indikasi terjadinya gangguan tiroid yang ditunjukkan oleh gejala lain seperti badan lesu, atau gangguan kesehatan yang lain. Selain gangguan tiroid kenaikan berat badan yang signifikan juga bisa disebabkan oleh penyakit ovarium polikistik yang terjadi karena masalah hormonal. Sementara penurunan berat badan yang terlalu mencolok bisa dipicu oleh penyakit yang berhubungan dengan psikis seperti bulimia nervosa atau anoreksia nervosa.

  • Stress

Tekanan yang berat atau gangguan psikis yang mengguncang juga dapat berimbas pada siklus menstruasi. Hal ini terjadi karena gangguan atau ketidakseimbangan hormon yang bisa memicu perdarahan yang tidak normal.

  • Kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi bisa memberikan dampak yang berhubungan dengan ketidakteraturan siklus menstruasi. Konsumsi pil KB bisa mengakibatkan darah yang keluar hanya sedikit atau malah berlebihan, sama halnya dengan suntikan atau pada penggunaan kontrasepsi setelah melahirkan.

  • Kehamilan

Alasan yang paling umum dari siklus akibat haid tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi biasanya berhubungan dengan kehamilan. Jika periode haid terlewati, tes kehamilan akan menjadi sebuah keharusan. Kadang kadang kehamilan bisa terjadi pada pasien perimenipause (dekat menopause). Sementara jika pendarahan melampui batas waktu, bisa jadi tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim). Siklus yang tidak teratur merupakan tanda yang umum dan sering terjadi pada pasca kehamilan. Sementara itu, pemberian ASI juga dapat menyebabkan waktu menstruasi anda akan terlambat.

Akibat Haid Tidak Teratur


=====================================

>>> Inti K&K untuk Pengobatan Menstruasi / Haid Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Haid Tidak Teratur and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.