Masalah Haid Tidak Teratur

Setiap wanita sehat mengalami siklus haid (menstruasi) setiap bulan. Lama siklus haid tiap bulan berbeda-beda pada setiap wanita. Umumnya, siklus berlangsung sekitar 28 hari da ada juga yang hanya 21 haru atau sampai 40 hari. Hal tersebut masih dianggap normal. Terkadang haid tidak datang pada waktu yang semestinya atau terlambat. Jika perbedaan lamanya siklus yang terjadi lebih dari 1 minggu maka haid berarti Anda mengalami masalah haid tidak teratur.  Jadi datangnya haid memang tidak persis sebulan sekali. Meski namanya datang bulan, namun tidak bisa tepat 30 hari kalender. Kecuali pada wanita yang daur haidnya 30 atau 31 hari saja yang hari haidnya bisa jatuh pada tanggal yang sama setiap bulannya.

Jika seorang wanita berdaur haid 28 hari tanggal haidnya senantiasa maju 2-3  hari. Namun, walaupun tanggal haidnya maju terus, bukan berarti mengalami masalah haid tidak teratur. Justru kalau tanggalnya tetap saja, berarti haid wanita tersebut tidak teratur.  Demikian pula untuk yang berdaur haid diatas 31 hari, hari haidnya pasti mundur terus. Untuk memastikan bahwa tidak haid itu berarti hamil, maka perlu dilakukan uji kehamilan. Uji ini dapat dilakukan di puskesmas, rumah sakir, rumah sakit bersalin, dan laboratorium klinik atai dilakukan sendiri dirumah. Dengan beberapa tetes air seni, dalam beberapa menit saja  hasil uji kehamilan sudah dapat diperoleh. Untuk uji ini lebih baik memakai air seni ibu yang keluar pagi hari.

Masalah haid tidak teratur ibarat sang romeo yang mulai tak setia, haid juga bisa hanya hadir kalau sedang rindu saja. Panjang dur haid tidak selalu tentu seperti sedia kala. Kadang berdaur lebih panjang kadang daurnya lebih pendek.

Sudah disebut kebanyakan wanita di dunia berdaur 28 hari. Tak tahu apakah faktor yang menentukan pola panjang daur haid seseorang.  Apabila haid tidak teratur pengobatannya dapat dilakukan dengan mengambil ketumbar kunyit, biji pala, kapulaga, jintan hitam, cengkeh, gula merah, daun srigading. Semua bahan direbus dengan air sebanyak 250 cc. Setelah mendidih disaring dan minumlah 5 hari sebelum  masa haid. Untuk memperlancar haid minumlah campuran air tomat, air kunyit, dqan air wortel. Minum ramuan ini secara teratur. Penyebab gejala nyeri haid :

  1. Posisi rahim yang tidak normal
  2. Kondisi panggul
  3. Myoma atau tumor rahim
  4. Kelahiran poros usus (sembelit menahun)

Mengatasi masalah haid tidak teratur adalah dengan :

  1. Aktif olahraga guna memperbaiki keadaan pinggul dan menguatkan punggung
  2. Banyak minum, minimal 8 gelas sehari
  3. Dalam kasus infeksi rahim, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter.

Ovulasi yang jarang atau tidak ada sama sekali dapat dilihat dari siklus haid yang terlalu pendek, terlalu panjang atau tidak teratur, bahkan tidak haid sama sekali. Namun, terkadang gangguan ovulasi tidak bisa dilihat dari siklus haid bulanan saja. Perlu merlakukan beberapa pemeriksaan untuk pengetahuan hal itu.

 


=====================================

>>> Inti K&K untuk Pengobatan Menstruasi / Haid Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Haid Tidak Teratur and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>